" Cerdas, Pembina Pramuka Ma'had Al Irsyad Latih Santri Mengolah Emosi Dengan Game Menarik"

Bondowoso, 05/02/2024. Pembina Pramuka Ma'had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso, Ustad Zaenul Abidin dan Ustad Ahmad Nurhamidi, ajak santri bermain game yang sangat seru. Dalam game tersebut santri diminta untuk membuat lingkaran besar kemudian memilih kelompok sesuai intruksi pembinan. dengan riang gembira santri berlarian mencari dan membuat kelompok yang pas sesuai intruksi pembina. tak jarang santri yang kurang aktif tidak mendapat kelompok. Kegiatan game dalam ektra Pramuka ini sangat menarik, tak hanya itu ustad Zaenul Abidin menyampaikan bahwa game-game Pramuka di Mahad ini bertujuan melatih emosi santri.

" Dalam game ini kami memiliki target pada pengolahan emosional santri, karena pendidikan emosional ini sangat diperlukan oleh santri, mengingat usia mereka semakin dewasa. tentunya mengendalikan emosional, mengelola emosi, menumbuhkan daya berfikir, tentu kebutuhan bagi pembangunan karakter dan mental santri " Ucap Ustad Zaenul Abidin.

Mahad Al Irsyad menjadikan Pramuka sebagai ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh santri. "Pramuka merupakan kegiatan yang bisa membantu santri dalam pembentukan karakter baik karakter kedisiplinan, kejujuran, kerjasama dan lain sebagainya. Selain itu, Pramuka berkomitmen untuk terus memberikan wawasan kepada santri dalam meningkatkan kemandirian santri menjadi pribadi yang lebih sehat, dan sadar pentingnya mengekspresikan diri". (Ust. Ahmad Nor Hamidy, S.Pd.) selaku ketua gugus depan Pramuka MAAB.

Materi kali ini membahas tentang 6 emosi dasar yang dirasakan oleh siswa. Di antaranya adalah rasa bahagia, jijik, sedih, marah, takut, dan terkejut. "Materi ini memberikan pemahaman kesadaran kepada santri tentang perasaan yang mereka rasakan. Sehingga, harapan kami, setelah mereka mengikuti kegiatan diharapkan mereka mengetahui hal yang membuat siswa bahagia, hal yang harus dihindari, dan hal yang tidak boleh dilakukan. Salah satunya, bahaya membuli yang dapat membuat santri merasa sedih, atau marah". Tambah ketua gugus depan.

Selain tingkat penggalang, anggota penegak mendapatkan materi tentang pionering. "Kegiatan ini melatih ketelitian, berpikir kritis, dan melatih siswa untuk meningkatkan kreativitas". Kak Bambang selaku pelatih Pramuka MAAB.

"Kami akan terus mendukung program yang membentuk karakter pribadi santri menjadi lebih baik. Hal tersebut sangat sesuai dengan kegiatan sehari hari santri seperti to do list, dan goal setting for santri". Tambah mudir MAAB, Ust. Moch. Faisal Gumblas, S.Pd.I.

Komentar

MasyaAllah..semoga semakin banyak ilmu untuk bekal dimasa depan mereka .. terimakasih untuk semua ustadz ???? dan pembina ..

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
“Implementasi P5-RA Siswi MTs dan MA AL Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso, Ikuti Outdoor Learning di UPA Taman Agroteknologi Universitas Jember”

Bondowoso. MTs dan MA Al Irsyad AL Islamiyyah Bondowoso melakukan implementasi penerapan Kurikulum Merdeka. Salah satu wujud dari pelaksanaan Kurikulum Merdeka adalah kegiatan P5-P2RA (

20/02/2024 11:12 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 92 kali
Merajut Demokrasi, Pemilihan Ketua Organisasi MPK Ma'had Al Irsyad Bondowoso Gelar Debat Terbuka Untuk Kandidat Ketua.

Bondowoso, 17 Februari 2024.MA dan MTs Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso melaksanakan Diskusi Kepemimpinan, dan Debat Kandidat. Pemateri dalam diskusi kali ini diisi oleh pendiri MPK, U

20/02/2024 07:28 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 9 kali
"Mahad Al Irsyad Deraskan Motivasi Bahasa Arab Kepada Santri Tingkat Mts, dengan Mendatangkan Alumni"

Bondowoso. 08/02/2024. Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh santri Mahad Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso adalah kemampuan berbahasa Arab. Untuk meningkatkan kemampuan b

10/02/2024 08:00 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 36 kali
"Didik Santri Tidak Buta Politik, Mahad Al Irsyad Stimulus Santri Madrasah Aliyah dengan Halaqoh Generasi Muda dalam Kepemimpinan Islam.

Bondowoso. 9/02/2024. Tahun 2024 adalah tahun Indonesia emas. Pada tahun tersebut indonesia memiliki bonus demografi yang harus di manfaatkan untuk kemajuan bangsa. Salah satunya dengan

10/02/2024 07:57 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 40 kali
"Pelatihan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Oleh MPP di Mahad Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso"

Bondowoso. 08/02/2024. Seluruh tenaga pendidik di Mahad Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso mengikuti kegitan Pelatihan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter yang di isi oleh Anggota MPP

10/02/2024 07:55 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 42 kali