" Cerdas, Pembina Pramuka Ma'had Al Irsyad Latih Santri Mengolah Emosi Dengan Game Menarik"

Bondowoso, 05/02/2024. Pembina Pramuka Ma'had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso, Ustad Zaenul Abidin dan Ustad Ahmad Nurhamidi, ajak santri bermain game yang sangat seru. Dalam game tersebut santri diminta untuk membuat lingkaran besar kemudian memilih kelompok sesuai intruksi pembinan. dengan riang gembira santri berlarian mencari dan membuat kelompok yang pas sesuai intruksi pembina. tak jarang santri yang kurang aktif tidak mendapat kelompok. Kegiatan game dalam ektra Pramuka ini sangat menarik, tak hanya itu ustad Zaenul Abidin menyampaikan bahwa game-game Pramuka di Mahad ini bertujuan melatih emosi santri.

" Dalam game ini kami memiliki target pada pengolahan emosional santri, karena pendidikan emosional ini sangat diperlukan oleh santri, mengingat usia mereka semakin dewasa. tentunya mengendalikan emosional, mengelola emosi, menumbuhkan daya berfikir, tentu kebutuhan bagi pembangunan karakter dan mental santri " Ucap Ustad Zaenul Abidin.

Mahad Al Irsyad menjadikan Pramuka sebagai ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh santri. "Pramuka merupakan kegiatan yang bisa membantu santri dalam pembentukan karakter baik karakter kedisiplinan, kejujuran, kerjasama dan lain sebagainya. Selain itu, Pramuka berkomitmen untuk terus memberikan wawasan kepada santri dalam meningkatkan kemandirian santri menjadi pribadi yang lebih sehat, dan sadar pentingnya mengekspresikan diri". (Ust. Ahmad Nor Hamidy, S.Pd.) selaku ketua gugus depan Pramuka MAAB.

Materi kali ini membahas tentang 6 emosi dasar yang dirasakan oleh siswa. Di antaranya adalah rasa bahagia, jijik, sedih, marah, takut, dan terkejut. "Materi ini memberikan pemahaman kesadaran kepada santri tentang perasaan yang mereka rasakan. Sehingga, harapan kami, setelah mereka mengikuti kegiatan diharapkan mereka mengetahui hal yang membuat siswa bahagia, hal yang harus dihindari, dan hal yang tidak boleh dilakukan. Salah satunya, bahaya membuli yang dapat membuat santri merasa sedih, atau marah". Tambah ketua gugus depan.

Selain tingkat penggalang, anggota penegak mendapatkan materi tentang pionering. "Kegiatan ini melatih ketelitian, berpikir kritis, dan melatih siswa untuk meningkatkan kreativitas". Kak Bambang selaku pelatih Pramuka MAAB.

"Kami akan terus mendukung program yang membentuk karakter pribadi santri menjadi lebih baik. Hal tersebut sangat sesuai dengan kegiatan sehari hari santri seperti to do list, dan goal setting for santri". Tambah mudir MAAB, Ust. Moch. Faisal Gumblas, S.Pd.I.

Komentar

MasyaAllah..semoga semakin banyak ilmu untuk bekal dimasa depan mereka .. terimakasih untuk semua ustadz ???? dan pembina ..

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Potret Kecerdasa Sosial dan Kemandirian Santri Ma’had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso : Rugi Kalau Generasi Emas Tidak Mondok Di Lembaga Ini.

Bondowoso. 29/09/2024. Pemandangan kecerdasan sosial dan kemandirian menjadi pemandangan indah di mahad al irsyad al islamiyyah Bondowoso, seperti yang terekam potret kamera Handphone m

29/09/2024 11:23 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 199 kali
Lembaga Pendidikan Al Irsyad Al islamiyyah Bondowoso, akan Buka pendaftaran Santri Baru tahun pelajaran 2025-2026 Pada Bulan Oktober, Kuota Terbatas hanya 75 Tingkat TK. 64 Pendaftar SD dan Mts Serta 24 Kuota MA.

Bondowoso. 27/09/2024. Setelah melakukan rapat koordinasi antar pimpinan direktur eksekutif pendidikan al irsyad pada rabu 25 september 2024 dengan jajaran kepala mandarasah di lingkung

27/09/2024 09:55 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 180 kali
Ikuti Kejuaraan Pencak Silat 4 Santri Ma’had Al Irsyad Peroleh Medali Emas dan Perak Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs)”

Bondowoso. 12/09/2024. Empat santri Ma’had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso menjuarai Lomba Pencak Silat yang diadakan oleh Ikatan Pencasilat Silat Indonesia (IPSI) Bupati CUB IV

13/09/2024 07:57 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 91 kali
“ Siswi Madrasah Aliyah Putri AL Irsyad Raih Medali Emas Olimpiade Al qur'an Hadist Tingkat Nasional”

Bondowoso. 12/09/2024. Menyukai mata pelajaran Ilmu Pendidikan Agama Islam, fatma Baharun siswi kelas 11 MA Al Irsyad Putri Bondowoso meraih medali emas dalam olimpiade PAi, Olimpiade A

12/09/2024 14:45 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 112 kali
“ Akui Suka bahasa Ingris, Naula Mumtaza Kembali Juarai Kompetisi Bahasa Ingris”

Bondowoso, 12/09/2024. Siswi Mts al irsyad Putri Bondowoso, Naula Mumtaza kembali menjuarai kompetisi bahasa ingris, berbeda dengan juara sebelumnya yaitu lomba Pidato Bahasa Ingris di

12/09/2024 14:38 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 130 kali