" Banyak Yang Masih Bingung Ma'had Al Irsyad Itu Apa..? Ini 10 Jawaban Faktual Tentang Ma'had Al Irsyad"

Oleh : Hary Smart

Meski sudah cukup lama berdiri nama lembaga pendidikan Ma'had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso, masih banyak masyarakat yang bertanya tentang lembaga pendidikan ini. Berbagai spekulasi juga kerap menghiasi opini masyarakat tentang lembaga pendidikan tersebut.

Seperti contohnya, ada yang melihat Al Irsyad sama dengan pendidikan Muhammadiyah, atau Nahdlatul Ulama (NU). Karena dua organisasi Islam tersebut juga memiliki lembaga pendidikan berupa pondok pesantren.Nah Disini perlu kita berikan penjelasan tentang Al Irsyad Al Islamiyyah dulu sebelum berangkat jauh pada logika historis tentang Ma'had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso. Kami jawab dengan 10 fakta sejarah tentang Ma'had Al Irsyad

1. Ma'had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso, berbeda dengan NU atau Muhammadiyah, karena Ma'had Al Irsyad berdiri di bawah organisasi Al Irsyad Al Islamiyyah.

2. Al Irsyad Al Islamiyyah adalah organisasi Islam yang berdiri di masa pergerakan Indonesia pada tahun 1914. Bersamaan dengan berdirinya organisasi seperti Syarikat Islam, Muhammadiyah, atau organisasi pergerakan lainnya di Indonesia.

3. Al Irsyad Al Islamiyyah sebagai organisasi Islam, didirikan oleh seorang ulama dari Sudan bernama Syekh Ahmad Surkati Al Anshori.

4. Sebagai organisasi Islam, Al Irsyad konsisten mendakwahkan ajaran agama  Islam yang murni sesuai al Qur'an dan as Sunnah.

5. Al Irsyad Al Islamiyyah kemdian mendirikan madrasah-madrasah sebagai lembaga pendidikan agama Islam, yang juga memadukan dengan ilmu pengetahuan umum.

6. Memasuki era 1970-an, lembaga pendidikan Al Irsyad, berubah arah karena realitas pendidikan yang memaksa pendidikan Islam Al Irsyad banyak yang menjadi sekolah-sekolah umum. Hal ini membuat resah para pendiri dan pengurus organisasi Al Irsyad Al Islamiyyah.

7. Tahun 1970 bertepatan dengan moment Muktamar Al Irsyad Al Islamiyyah ke 30 di Bondowoso. Keresahan pada perubahan Al Irsyad dari sekolah agama ke sekolah umum di Ma'had dalam muktamar oleh para murid, dan sahabat syekh syurkati. Akhirnya di sepakati bahwa Al Irsyad harus mendirikan lembaga pendidikan pondok pesantren, di Bondowoso yang akan menjadi pewaris keilmuan syekh Surkati.

8. Rencana pendirian pondok pesantren baru terrealisasi tahun 1988 dengan Berdirinya Ma'had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso.

9. Sejak tahun tersebut Ma'had Al Irsyad berdiri dengan menaungi lembaga pendidikan berjenjang Mts dan MA. Dan menjadi pendidikan pondok pesantren moder di Indonesia. Yang dikenal dengan pelayanan terbaik, penampilan menarik dan perestasi nasional sampai internasional, sebagai pesantren Islam pencetak kader da'i dan ulama. Yang aktif dalam kegiatan sosial keagamaan.

10. Ponepk pesantren al irsyad memadukan kurikulum pemerintah dan kurikulum pondok pesantren. Tentua mempermuda santri lulusan al irsyad untuk melanjutkan pendidikan negeri dan swasta baik di dalam dan luar negeri, serta sekolah profesi seperti TNI dan Polri. 

Bagaimana sudah faham..? Jadi penulis simpulan bahwa lembaga pendidikan Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso adalah lembaga pendidikan Islam modern, dengan struktur lembaga di bawah organisasi Al Irsyad Al Islamiyyah. Struktur Al Irsyad kini di bawah Majelis pendidikan dan pengajaran Al Irsyad Al Islamiyyah (MPP). Dalam ranah praktis dan tata kelola di pondok pesantren, pimpinan tertinggi adalah Pengurus Cabang, dan Direktur Eksekutif Pendidikan Al Irsyad Al Islamiyyah yang membawahi Mudir Ma'had, Mudir Keasramaan, Kepala MTs, Kepala MA dan Asatidz Ma'had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso.

Semoga penjelasan ini dapat memberikan penjelasan dan menjawab pertanyaan masyarakat tentang Ma'had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso, pesantren terbaik pencetak kade da'i dan ulama.

Komentar

Maa syaaAllah Alhamdulillah. sangat beruntug anak kami masuk k sini ustadz krn memang harapan kami mulai dr kluarga kpengin hijrah bnr2 mnjalankan islam yg sesuai dgn gnerasi para salaf. semoga anak kami di mampukan memahami ilmu yg haqiqi sesuai dgn Alqur'an dan Assunnah.mnjaga agama dgn kafah dan murni sbagaimana gnerasi para sahabat assabiqun dan tabiuttabiin Aamiin.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Mengapa 17 Agustus Menjadi Pilihan Tanggal Kemerdekaan. Adakah Kaitannya Dengan Islam..? Baca Selengkapnya!

Bondowoso. 17/08/2022. Peringatan Kemerdekaan 17 Agustus menjadi momentum bangsa indonesia untuk merefleksi semangat perjuangan dan merayakan kemerdekaan. Masyarakat dari kalangan petan

17/08/2022 08:59 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 627 kali
" Banyak Yang Masih Bingung Ma'had Al Irsyad Itu Apa..? Ini 10 Jawaban Faktual Tentang Ma'had Al Irsyad"

Oleh : Hary Smart Meski sudah cukup lama berdiri nama lembaga pendidikan Ma'had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso, masih banyak masyarakat yang bertanya tentang lembaga pendidikan ini.

28/07/2022 10:17 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 299 kali