"Pelatihan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Oleh MPP di Mahad Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso"

Bondowoso. 08/02/2024. Seluruh tenaga pendidik di Mahad Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso mengikuti kegitan Pelatihan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter yang di isi oleh Anggota MPP Al Irsyad al islamiyah di Gedung Aula Al Irsyad Bondowoso.

Pengisi materi pada kegiatan tersebut adalah Ustad Suhairi Umar, M.Pd. dan Ustad Nandi Mulyadi, M.Pd.I. Sejak awal penyampaian materi, Ustad Suhairi Umar menyampaikan pentingnya Inovasi pembelajaran berbasis karakter untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan "Inovasi ini sangatlah penting dalam pembelajaran, sebagai seorang pendidik sangat penting melakukan hal tersebut. Caranya bagaimana ya, kita jangan menutup diri kita pada perkembangan ilmu pengajaran. Kita tambah literasi kita sebagai pendidik agar inovasi itu terus muncul" Tutur Ustad Suhairi Umar.

Ia juga menyampaikan bahwa pandangan seorang ustadz itu bukan hanya pengajar tetapi juga belajar "Kalau kita memiliki pola fikir ustad atau guru itu adalah mengajar itu kurang tepat, seolah-olah kita tidak butuh belajar lagi, karena kita mengajari. Dan siswa itu belajar artinya dia hanya menerima materi dari ustadz." Tambah Ustad Suhairi Umar.

Ustad Suhairi Umar mengajak pendidik di Mahad Al Irsyad memaknai bahwa seorang ustadz itu selain pengajar jugaa belajar "Kita berikan ruang berfikir baru bahwa Ustadz atau guru itu bisa mengajar dan bisa belajar. Dan kesempatan mengajar juga harus di berikan kepada siswa bahwa ia memiliki kesempatan dan waktu untuk mengajar. Nah disini Inovasi pembelajaran berbasis karakter ini kita terapkan" Tergasnya.

Dinamika diskusi berjalan dengan maksimal dalam suasana pelatihan. Para peserta yang merupakan ustadz dan ustadzah silih berganti bertanya praktik konkrit dalam menjalankan inovasi pembelajaran berbasis karakter sesuai dengan materi pelatihan.

Sebagai peserta pelatihan Ustadz Huzeim Miftah, Lc. "Untuk mata pelajaran agama, seperti bahasa, fiqih, aqidah, tafsir dan lain-lain ini sangat bagus jika menggunakan metode baru, artinya tidak hanya metode ta'lim seperti ceramah saja. Intinya pelatihannya sangat menarik dan insyallah kami terapkan untuk mencapai target kurikulum dan kualitas pembelajaran lebih menarik" Tutup Ustadz Huzeim Miftah, Lc.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
“Implementasi P5-RA Siswi MTs dan MA AL Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso, Ikuti Outdoor Learning di UPA Taman Agroteknologi Universitas Jember”

Bondowoso. MTs dan MA Al Irsyad AL Islamiyyah Bondowoso melakukan implementasi penerapan Kurikulum Merdeka. Salah satu wujud dari pelaksanaan Kurikulum Merdeka adalah kegiatan P5-P2RA (

20/02/2024 11:12 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 93 kali
Merajut Demokrasi, Pemilihan Ketua Organisasi MPK Ma'had Al Irsyad Bondowoso Gelar Debat Terbuka Untuk Kandidat Ketua.

Bondowoso, 17 Februari 2024.MA dan MTs Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso melaksanakan Diskusi Kepemimpinan, dan Debat Kandidat. Pemateri dalam diskusi kali ini diisi oleh pendiri MPK, U

20/02/2024 07:28 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 9 kali
"Mahad Al Irsyad Deraskan Motivasi Bahasa Arab Kepada Santri Tingkat Mts, dengan Mendatangkan Alumni"

Bondowoso. 08/02/2024. Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh santri Mahad Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso adalah kemampuan berbahasa Arab. Untuk meningkatkan kemampuan b

10/02/2024 08:00 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 36 kali
"Didik Santri Tidak Buta Politik, Mahad Al Irsyad Stimulus Santri Madrasah Aliyah dengan Halaqoh Generasi Muda dalam Kepemimpinan Islam.

Bondowoso. 9/02/2024. Tahun 2024 adalah tahun Indonesia emas. Pada tahun tersebut indonesia memiliki bonus demografi yang harus di manfaatkan untuk kemajuan bangsa. Salah satunya dengan

10/02/2024 07:57 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 40 kali
"Siswi MA Al Irsyad, Isi Materi dan Praktik Parenting di SD Muhammadiah Bondowoso"

Bondowoso. 06/02/2024. Siswi Madrasah Aliyah Al Irsyad Bondowoso memberikan materi parenting terhadap siswa dan siswi SD Muhammadiah Bondowoso. Tiga pengisi materi dan praktik tersebut

06/02/2024 13:49 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 135 kali