Kontrol Mutu Pendidikan Era Digital, Madrasah Aliyah Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso Laksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer

Bondowoso. Selama dua hari yaitu senin-selasa (28-29 Agustus 2023) Santri Madrasah Aliyah Al Irsyad al Islamiyyah Bondowoso laksanakan Laksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kegiatan sudah dilaksanakan secara maksimal dengan peserta santri kelas 11 jenjang MA. kegiatan ANBK sudah didukung oleh pemenuhan teknologi di MA Al irsyad al islamiyyah Bondowoso. 

Menurut Kepala MA AL Irsyad ustad Hairul Rozy, SP.d menyampaikan " Program ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sebagai ganti dari Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).Asesmen Nasional sendiri terdiri dari tiga instrumen, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar" Ucapnya.

Asesmen Nasional tidak menggantikan peran UN dalam mengevaluasi prestasi maupun hasil belajar murid secara individu. Namun, menggantikan peran UN sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan.

" Mutu satuan pendidikan ini nantinya dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang paling dasar, yakni kemampuan literasi, numerasi, dan karakter. Mutu satuan pendidikan juga dinilai berdasarkan kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Untuk itu, terdapat tiga instrumen ANBK,seperti Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Survei Karakter: mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid. Survei Lingkungan Belajar: mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan. Adapun, ANBK dilakukan oleh Santri, pendidik, dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan" Tambah Ustad Hairul Rozy.

Ustad hairul Rozy berharap adanya Asesmen tersebut diharapkan bisa menjadi kontrul terhadap mutu sekolah " Kami ingin kegiatan kami di lingkungan sekolah dan berbagai kegiatan serta fasilitas ekolah dan lain-lain yang menjadi intrumen kegiatan sekolah dapat kita kontrol dengan memanfaatkan era digital ini. tentu seiring dengan program pemerintah " Tutup Ustad Hairul Rozy.

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Santri Mahad Al Irsyad Bondowoso, Lolos 5 Besar Musabaqah Hifzhul Hadis Nasional Tahun 2024, Dan Melaju Sebagai Finalis.

Bondowoso. 20/Mei/2024. Santri Mahad al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso berada dalam deretan kedua dalam ferifikasi lima besar Musabaqah Hifzhul Hadis Nasional Tahun 2024 yang diadakan o

20/05/2024 20:25 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 400 kali
" Santri Mts al irsyad Bondowoso, Terima Penghargaan Prestasi Non Akademik Dari Kepala Madrasah"

Bondowoso. 14/05/2025. Sebanyak 30 santri Mts al irsyad al islamiyyah Bondowoso mendapat penghargaan perestasi non akademik dari Kepala Madrasah Tsanawiyah. Penghargaan diberikan kepa

13/05/2024 08:22 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 322 kali
“ Angkat Tema Pembangunan Karakter, Ustad Zaenal Abidin dari Mahad Al Irsyad Raih Juara Satu Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan di Kabupaten Bondowoso”

Bondowoso, 29/04.2024. Ustad Zaenal Abidin, pengajar di Mahad al irsyad al islamiyyah Bondowoso, meraih juara satu pemuda pelopor di Bidang pendidikan. Ia mengangat tema pembinaan karak

29/04/2024 11:27 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 140 kali
“Santri Ma'had Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso, Borong Piala dan Medali Dan Menjadi Pesilat Terbaik Pada Kejuaraan Tapak Suci Bondowoso Championship 10 Tingkat SMP-SMA PIMDA BONDOWOSO 174 2024”

Bondowoso, 16/03/2024. Pada kejuaraan tapak suci bondowoso Championship Tingkat SMP-SMA, yang berlangsung pada 29 Februari - 2 Maret 2024. Santri tingkat MTs dan MA Al Irsyad Al Islamiy

16/03/2024 11:14 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 144 kali
“Hiasi Ramadhan Mahad Al Irsyad Al islamiyyah Bondowoso, Sebar Santri Untuk Menjadi Imam Tarawih dan Qultum di 17 Masjid di Jawa Timur”

Bondowoso. Menyambut bulan suci Ramadhan, Ma'had Al Irsyad mempersiapakan santri-santrinya untuk mengisi dibeberapa masjid di daerah Tapal Kuda. Pada Ramadhan tahun ini, sudah ada 17 pe

16/03/2024 10:30 - Oleh Al Irsyad Bondowoso - Dilihat 312 kali